Bayi Tertelan Cairan Parfum atau Cologne? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini


Ibu manapun pasti akan panik ketika mengetahui anak mereka secara tidak sengaja terminum cairan baby products seperti parfum bayi, hair lotion, baby oil,  dan produk lainnya yang mengandung bahan-bahan kimia.

Ya! Itulah yang aku rasakan minggu lalu, saat abang Ulil (anak pertama-ku) terminum sedikit cairan parfum bayi miliknya.

Kaget. Panik. Tapi, aku berusaha untuk tetap tenang agar si abang tidak ikutan panik dan menangis makin kencang.
.
.
.
Kejadian bermula sesaat setelah si abang selesai mandi dan sedang mengenakan pakaian. Biasanya, sehabis mandi, dia memang suka memainkan kosmetik bayi miliknya sambil dibuka dengan bantuan gigi depan, karena mungkin membuka tutup botol dengan jenis tube agak sulit dilakukan anak umur satu setengah tahun seperti abang Ulil. Terkadang dia mengambil sedikit bedak, baby cream, ataupun minyak telon kemudian diusapkan ke wajahnya menggunakan kedua telapak tangan mungilnya. Mungkin karena sering melihat mama mengoles toner dan pelembab ke wajah kali ya, hehehe.

Saat sibuk menyisir rambut abang, tanpa sadar tangan abang bergeriliya membuka tutup botol parfum johnson's miliknya. Sedikit cairan pafrum masuk ke mulut dan secara tidak sengaja abang tertelan cairan parfum johnson's, karena lagi-lagi abang membuka tutup botol parfum tersebut menggunakan giginya. Alhasil, dia merasakan pahitnya rasa parfum dan kemudian menangis. Seluruh warga di rumah panik, terlebih sang nenek yang gemetaran melihat cucunya menangis dengan wajah merah dan telinga memerah (aku kurang tahu apakah itu karena efek tertelan cairan parfum yang mengandung sedikit alkohol, atau karena dia menangis). Mencoba untuk tetap tenang, aku segera inisiatif mengambil air putih untuk diminumkan ke abang. Dia hanya minum sedikit, dan masih lanjut menangis. Aku cium aroma mulutnya masih bau pafrum. Aku segera memberikan susu untuk abang, dan alhamdulillah kali ini dia minum lebih banyak. Tangisannya pun mereda. Alhamdulilah, tidak ada efek apapun setelah itu. Abang tertidur pulas.

Masih penasaran dan takut jika nanti abang sakit karena tertelan cairan parfum, aku mencoba browsing tentang efek samping dan cara menangani anak yang tertelan berbagai jenis cairan kosmetik bayi. Berikut aku rangkum beberapa hasil penelusuranku terkait pertolongan pertama pada anak yang secara tidak sengaja tertelan cairan kimia dalam produk bayi:
  1. Pertama, segera cuci mulut anak. Jika memungkinkan, bantu anak untuk memuntahkan cairan yang sudah tertelan. Namun, jangan dipaksakan jika anak merasa kesakitan. Hindari pemaksaan agar anak tidak trauma.
  2. Beri anak air putih ataupun susu formula sebanyak mungkin. Jika anak masih di bawah 6 bulan atau masih ASI, beri ASI sebanyak mungkin.
  3. Jika muncul efek samping seperti batuk, diare, nyeri perut berkepanjangan, segera bawa anak ke rumah sakit terdekat.
Jika cairan yang terminum hanya sedikit, penanganan di rumah dengan memberikan air putih dan susu yang banyak bisa dilakukan. Namun, jika anak menelan dalam jumlah banyak atau anak batuk-batuk setelah terminum cairan, segera bawa anak ke dokter anak terdekat. Bisa jadi cairan tersebut mengenai bagian paru-paru anak ataupun terjadi penyerapan sistemik.

Intinya, jangan terlalu panik ya moms. Pertolongan pertama di rumah bisa dilakukan kok, jika jumlah cairan yang terminum hanya sedikit. Jika moms semua bisa mengontrol diri dan tenang menghadapi kasus seperti ini, anak juga tidak akan ikut panik dan trauma.

So, keep calm and be a creative mama :)

Comments

Popular Posts