Dr. Brown’s Wide Neck Bottle: Botol Susu Anti Kembung Pada Bayi


Metode meng’ASI’hi yang terbaik pada bayi adalah direct breastfeeding atau menyusui bayi secara langsung. Kandungan terbaik ASI yang masih fresh sangat baik untuk bayi. Namun, bagi moms yang kembali bekerja pasca melahirkan dan ingin tetap memberikan ASI eksklusif, pemberian ASIP atau ASI yang diperah bisa dijadikan alternatif. Tentunya, moms harus bijak dan teliti dalam mempersiapkan pemberian ASIP. Mulai dari kebersihan tangan, alat pumping maupun botol susu yang digunakan dalam pemberian ASIP. Ya! Jangan sampai hal ini membuat perut bayi kembung dan bayi menjadi rewel. Kasian si dedek kan moms.


Sebelum pumping, sebaiknya moms cuci tangan yang bersih dulu, termasuk payudara juga harus dibersihkan ya moms. Setelah selesai pumping, jangan lupa cuci bersih alat-alat pumping dan ada baiknya rebus dengan air panas sebentar untuk menghilangkan bakteri yang menempel. Jika moms pumping di rumah, jangan langsung memasukkan ASIP ke dalam freezer, karena perubahan suhu yang drastis akan mengurangi vitamin yang terkandung dalam ASI. Sebaiknya letakkan di kulkas bagian bawah selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu baru pindahkan ke freezer. Namun, jika moms pumping di kantor maupun di luar rumah, segera simpan ASIP di dalam cooler bag, setelah sampai di rumah langsung masukkan ke dalam freezer.


Saat moms ingin memberikan ASIP pada si kecil, pastikan botol dalam keadaan bersih dan kering. Gunakanlah botol yang sesuai dan cocok dengan si kecil. Kenapa pemilihan botol susu yang tepat dan kebersihan botol penting diperhatikan? Karena tidak semua bayi cocok atau mau dengan segala jenis atau merk dot dan botol susu, moms. Contohnya saja dedek Hilmi, dia lebih cocok dengan tipe dot wide neck yang bentuknya lebih menyerupai puting ibu, sementara abang Ulil sudah terbiasa dengan tipe narrow.


Aku sendiri menggunakan botol susu Dr. Brown’s Wide Neck untuk dedek Hilmi. Botol susu ini adalah yang paling cocok dengan Hilmi, karena kalau menggunakan jenis botol lain biasanya Hilmi akan kembung dan menjadi rewel. Spesifikasi Dr. Brown’s wide neck bottle dengan ventilasi internal memisahkan jalur udara dengan cairan dalam botol susu. Ventilasi internal ini juga memberikan kondisi menyusui tanpa menghasilkan gelembung udara, sama seperti menyusu langsung dari ibu. Sehingga si kecil akan terbebas dari perut kembung. Dr. Brown’s bottle juga didesain oleh dokter ahli sehingga membantu mengurangi tersedak/kolik, muntah, dan bersendawa pada bayi.
Dr. Brown's Wide Neck Bottle dengan ventilasi internal (bagain yang berwarna hijau)
sumber gambar: dokumentasi pribadi

Dr. Brown's wide neck bottle
sumber gambar: dokumentasi pribadi

Jika moms ingin tahu lebih lanjut tentang Dr. Brown’s bottle, bisa kunjungi website-nya di sini.


So, mari kita lebih teliti dan bijak dalam memberikan ASIP pada anak ya moms, agar si dedek tidak sakit perut ataupun kembung. Keep being a creative mama ya moms :)

Comments